Microsleep.

Sebenernya postingan kali ini udah cukup lama gue simpen di draft blog gue. Postingan ini masih ada di draft karena gue emang nunggu waktu yang pas buat di publish. Ya mungkin sama kaya perasaan sih, kalo waktunya gak pas, walaupun sebenernya dia juga suka sama kita ya pasti di tolak~ Begitu juga dengan postingan ini, jadi kemaren gue nyoba ikutan kontes review (baca artikelnya di Pulsa vs Anak Kost) gitu dan nyoba fokus ke kontes tersebut. Walaupun hasilnya cuma dapet hadiah hiburan tapi lumayan lah, cukup bikin semangat nulis lagi.

Well, kali ini gue bakal cerita tentang pengalaman gue beberapa bulan yang lalu, waktu gue masih les bahasa Inggris. Hal ini gue lakuin semata-mata buat jaga-jaga aja sih, siapa tau nanti pacar gue bule, masa iya gue bawa-bawa kamus mulu kalo mau ngedate. Yap, gue les di LIA setiap hari Sabtu sore. Dan itu berarti, setiap Jumat sore atau Sabtu pagi gue harus balik dari kostan dan sorenya langsung pergi les. Rutinitas yang kampret ditambah tugas kuliah yang jumlahnya lebih banyak daripada cinta gue ke dia (halah!) bikin gue jadi kurang tidur.

Suatu Sabtu, gue agak males pergi les, badan gue terasa lemes banget sore itu. Tapi mau gak mau gue harus dateng, karena hari itu adalah waktu pengumpulan essay yang bakal di presentasiin pertemuan selanjutnya. Akhirnya, dengan modal permen biar gak ngantuk, gue pun jalan dari rumah pake motor.


Tapi baru sekitar 15 menit jalan dari rumah, shit happens.......


Gue nabrak motor orang.



Luckily, gue gak kenapa-kenapa, cuma luka sedikit doang. Tapi motor gue dan motor orang yang gue tabrak lumayan ancur. Motor gue rusak dibagian spakboard, dashboard, lampu sama stang yang agak bengkok. Sedangkan motor dia rusak dibagian spakboard belakang, lampu belakang pecah sama knalpot dia yang bengkok. Akhirnya, gue pun tanggung jawab buat ngebenerin motornya dia, dan hari itu… gue gak jadi ketempat les karena akhirnya gue telpon guru les gue buat minta ngumpulin makalah di lain waktu sebelum hari presentasi.

Sampai dirumah, gue langsung tidur. Gak kerasa, gue pun bangun dan ngecek hape, ternyata udah pukul 10 malem. Gue coba tidur lagi, gak bisa. Akhirnya gue nyalain laptop dan mulai browsing-browsing gak jelas sampai gue keinget satu artikel yang pernah gue baca di suatu situs beberapa minggu sebelumnya. Waktu itu gue sempet baca artikel tentang microsleep. Penasaran tentang artikel itu lagi, gue coba browsing artikel tersebut dan gue pun akhirnya sadar kalo gue tadi siang udah kena yang namanya microsleep.

Bayi Ngantuk

Apasih microsleep itu?

Jadi, dari artikel yang pernah gue baca, microsleep adalah suatu keadaan dimana kita tertidur namun hanya untuk waktu sepersekian detik. Yang bahaya adalah microsleep ini biasa terjadi tanpa disadari dan di tempat yang 'tidak diinginkan', termasuk saat berkendara. Jadi, walaupun hanya sepersekian detik, microsleep bisa merusak konsentrasi kita yang tadinya ke jalan, jadi hilang gitu aja.

Sama kaya kejadian gue, saat itu gue tiba-tiba gak sadar (dalam beberapa detik), dan pas sadar, di depan gue udah ada motor. Gue pun gak sempet lagi buat ngerem. Kejadian lain yang di sebabkan oleh microsleep adalah kecelakaan Ust. Jeffry Al Bukhori. Menurut artikel yang gue baca di sini (http://chirpstory.com/li/72006) beliau kemungkinan mengalami yang namanya microsleep. Karena pada pukul 1-5 dinihari serangan microsleep berada di puncaknya akibat zat melatomin sedang bekerja, ditambah lagi kondisi tubuh sang ustad yang lagi kurang fit. Innalillahi wa inailaihi rojiun..

Terus apa ajasih penyebabnya?

Ada beberapa hal yang jadi penyebab microsleep ini, antara lain :

1. Kurang tidur (sleep deprivation). 
Kondisi ini jelas jadi penyebab utama dari microsleep. Karena sekuat apapun tubuh kita, tetap butuh waktu tidur yang cukup. 10 jam untuk anak-anak dan 8 jam untuk orang dewasa.

2. Kelelahan mental (mental fatigue).
Kondisi ini terjadi karena kita terlalu sering memendam masalah atau terlalu banyak pikiran. Abis ditinggal kawin sama mantan pacar misalnya. :p

3. Kekurangan oksigen (hypoxia).
Hypoxia adalah kondisi patologis dimana tubuh mengalami kekurangan asupan oksigen. Biasanya terjadi karena kelelahan atau anemia yang menyebabkan kurangnya asupan oksigen dalam darah. Kelelahan juga bisa banyak penyebabnya, misalnya : terlalu lama berkendara (biasanya terjadi saat mudik), terlalu lama bekerja tanpa istirahat yang cukup, ataupun terlalu berat memikul beban kehidupan.

Nggak deng.. yang terakhir bercanda. hehehe.

4. Masalah waktu atau kualitas tidur. (dyssomnia).
Dysomnia adalah kondisi psikogenik primer dimana gangguan utamanya adalah jumlah, kualitas atau waktu tidur yang disebabkan oleh hal-hal emosional, seperti insomnia ataupun hipersomnia. Hal ini sering banget terjadi sama gue atau mungkin juga kalian. Sebagai mahasiswa jomblo yang lagi liburan semester, jadwal tidur gue sering banget berantakan. Siang jadi waktu buat tidur, dan malam jadi waktu buat stalking timeline gebetan sampe lupa waktu karena saking asiknya. :p

Hal ini juga bisa jadi penyebab microsleep, karena segimanapun terbiasanya kita (tidur siang + malam kerja), tubuh tetep butuh tidur malam. Karena sudah sifat alaminya dari tubuh dan organ-organ dalamnya untuk beristirahat ketika malam hari.

So, gimana cara mencegah microsleep?

To avoid an accident which caused by microsleep, there are some tips that you can do, such as :

1. Istirahat.
Selalu beristirahat setelah berkendara selama kurang lebih 5 jam, karena setelah lebih dari 5 jam konsentrasi dan kondisi tubuh kita akan semakin menurun.

2. Usahakan jangan berkendara jauh sendirian.
Jika berkendara jauh, usahakan jangan sendirian sob. Akan lebih bermanfaat jika teman perjalanan anda enak diajak ngobrol dan dapat memperhatikan keadaan anda. Misalnya ngajak pacar (kalo punya), kalo gak punya ya tenang aja sob, joki 3 in 1 masih banyak kok di jalan-jalan Jakarta.

3. Dengarkan musik atau makan permen.
Jangan biarkan pikiran kosong saat berkendara. Coba dengerin musik atau ngunyah permen bisa jadi solusi sob. Tapi saran gue sih, jangan pernah muterin musik yang membawa kenangan ke masa lalu, nanti bukannya fokus nyetir malah nangis kejer lagi inget mantan.. muehehehehe. :p>

4. Putusin pacar.
Nah, yang ini juga gak kalah penting sob.. diatas udah kita liat kan kalo banyak pikiran itu salah satu penyebab microsleep? Punya pacar juga kadang bisa bikin banyak pikiran sob, kalo si pacar lagi ngambek misalnya. So, buruan putusin deh... daripada kalian yang diputusin duluan. :p> MUAHAHAHAHAHAHAHAHA. #jombloNgiri

Nah, diatas udah kita bahas semua tentang microsleep. Mulai dari artinya, penyebab, sampai cara mencegahnya. Harapan gue, setelah kalian baca postingan ini (itu juga kalo ada yang baca), kalian bisa lebih berhati-hati dalam berkendaraan. Inget sob, kalo ngutip dari quotes-nya Ernest Greenwood : Accidents, and particularly street and highway accidents, do not happen - they are caused.

Mungkin itu aja kali ya yang bisa gue share kali ini. Semoga bisa bermanfaat buat kalian. :)
Previous
Next Post »

22 comments:

  1. kyknya kau pernah nih mengalami microsleep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nnnggggg... kan cerita diatas emang tentang pegalaman ane pas kena microsleep... -_____-

      Delete
  2. wah, bahaya nih microsleep, soalnya pernah ngalamin waktu berkendara mobil, supir tiba2 senyap beberapa detik tertidur, untung tidak terjadi hal apa2... Good share bro!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget sob, sering banget kejadian kaya gitu.. harus lebih hati-hati. hehehe :D

      Delete
  3. hmmm baru tahu kalau kondisi tidur sesaat di sebut microsleep, sering juga ngalamin terutama kalau sedang berkendaraan ke luar kota. Untungnya masih selamat.

    ReplyDelete
  4. Waah bahaya juga nie kalau ngalamin yang namanya microsleep. Mungkin Mas kualat kali sudah nolak cewek yang suka sama Mas, makanya nabrak motor orang. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, tapi masalahnya gak ada cewe yang saya tolak mas, adanya cewe yang nolak saya. *nangis dipojokan*

      Delete
  5. Sabar Mas, ditolak cewek bukan berarti harus ngalamin microsleep dan nabrak orang. Yang bener langsung nabrak ortunya saja Mas. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, tapi ane gak sejahat itu kok gan. :O

      Delete
  6. Betul itu, saya juga pernah ngalamin seperti itu, tapi waktu itu gak pakai mobil tapi pakai motor,, Tau tau sudah ada di pinggir jalan raya, wah gak bisa bayangin kalau tiba-tiba ada di tengah jalan raya... Untung, untung, untung,,, slamet, slamet, slamet,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, alhamdulillah kalo selamet mas. Saya pas naik motor malah nabrak motor juga. Untung gak kenapa-kenapa. Cuma motor doang pada penyok.

      Delete
  7. jadi kalau ngantuk pas berkendara atau mengoperasikan mesin yang kira-kira bisa berbahaya, lebh baik tidur atau istirahat dulu ya mas
    supaya gak kejadian
    gara-gara microsleep itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap.. bahaya banget soalnya mbak microsleep ini. Sebenernya ngantuk ini bisa disiasati dengan makan permen dan minum kopi sih.

      Oh ya, tapi cukup makan permen ya mbak. Bukan nasi padang. Ribet soalnya kalo makan nasi padang sambil nyetir. :D

      Delete
  8. Wah mantap nih info microsleepnya 👍

    ReplyDelete